Apa itu SD-WAN dan Kelebihan dibanding WAN Tradisional

Apa itu SD-WAN?

Apa itu SD-WAN dan Kelebihan dibanding WAN Tradisional – SD-WAN adalah kepanjangan dari Software Defined Wide Area Network Merupakan salah satu Produk dari Software Defined Networking (SDN) yang spesifik untuk Kebutuhan Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) Digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan termasuk cabang-cabang dan data center yang secara geografis memiliki jarak yang sangat jauh. dengan teknologi WAN memungkinkan Cabang-Cabang perusahaan dapat terhubung.

WAN menjadi salah satu solusi untuk menghubungkan Perusahaan dengan cabang-cabang meski dengan Cost yang tinggi karena kebutuhan infrastruktur untuk mendukung WAN cukup mahal.

Dengan kehadiran SD-WAN, menjadikan salah satu fungsi ini lebih sederhana dengan memindahkan kendali jaringan pada Cluod menggunakan pendekatan secara software.

apa itu SD-WAN dan kelebihan SD-WAN

Dengan SD-WAN, Perusahaan dengan cakupan bisnis yang luas akan lebih merasakan benefit dari teknologi Software Defined ini dengan menyederhanakan jaringan WAN dengan SD-WAN.

Deployment Biaya Murah

Kebutuhan perusahaan akan teknologi, semakin fleksibel namun tetap menginginkan cost yang tidak tinggi termasuk dalam pembelian perangkat-perangkat mahal untuk memastikan cakupan bisnis tetap terpenuhi.

Dengan Deployment SD-WAN Tidak dibutuhkan perangkat yang kompleks dan biaya jasa IT yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan interkoneksi yang luas dan kompleks.

Selain penggunaan perangkat yang lebih efisien dan tidak menggunakan Jasa IT yang banyak, SD-WAN juga memberikan kemudahan dalam akses. SD-WAN tidak membutuhkan koneksi dengan jaringan private yang lebih mahal untuk menghubungkan setiap cabang-cabang.

MPLS akan ditinggalkan

Dengan SD-WAN Penggunaan MPLS akan dikomputasi secara virtual, sehingga fungsi MPLS secara fisik tidak lagi digunakan namun akan disediakan di infrastruktur secara private melalui Jalur VPN.

Secara Khusus, MPLS tetap digunakan dalam mekanisme koneksi antar area namun tidak lagi membutuhkan Perangkat khusus untuk membangun Infrastruktur MPLS ini melainkan telah diaplikasikan dengan pendekatan aplikasi.

Pemilihan Jalur Terbaik

Dengan Tingkat Kompleksitas secara fisik yang kecil, SD-WAN memberikan solutif lain dalam pemilihan jalur terbaik dalam pemenuhan konektifitas yang baik.

Baca Juga : Perbandingan Virtualisasi VMWare dengan Virtualisasi Lain

Berbeda dengan WAN Tradisional yang sangat tergantung dengan Jalur Utama yang disediakan untuk terhubung ke Layanan yang disediakan oleh Perusahaan

Hal ini Menjadikan SD-WAN menjadi pilihan yang tepat dalam pengembangan Jaringan yang lebih relatif murah dan ketersediaan Jalur yang baik.

Monitoring yang Mudah

Menggunakan SD-WAN, Monitoring jaringan Perusahaan dengan cabang-cabang menjadi lebih mudah, karena dukungan orchestration yang kompleks. Kebutuhan Monitoring yang mudah dan akses yang luas adalah salah satu kelebihan SD-WAN.

Dengan Orchestration yang sesuai dengan kebutuhan Bisnis, Setiap Path yang disediakan bisa dimonitor End-to End Service melalui jaringan yang terbangung dari SD-WAN.

Sumber:

Satu tanggapan untuk “Apa itu SD-WAN dan Kelebihan dibanding WAN Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *