Fitur Kid Control Pada Mikrotik

Fitur Kid Control Mikrotik – Pada Artikel kali ini kita akan membahas salah satu fitur yang diperkenalkan oleh mikrotik pada OS Versi 6.41 saat ini sudah ada pada versi 6.43, Fitur tersebut di beri nama ‘Kid Control’

By Default, Kid Control digunakan untuk mengatur perangkat-perangkat yang digunakan oleh anak, dengan fitur kid Control ini, kamu bisa mengatur Jam-jam dimana anak dapat mengakses Internet.

Dengan Menggunakan Kombinasi Firewall dan Scheduler, hal ini sebenarnya dapat dilakukan namun dengan adanya fitur kid control ini, maka akan lebih memudahkan dalam melakukan konfigurasi tersebut.

Paramameter yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat anak pada Fitur Kid Control adalah berdasarkan Mac Address atau berdasarkan IP.

Merujuk pada Wiki Mikrotik, Untuk Pembatasan yang ada pada Kid Control adalah pembatasan pada Jam-Jam akses yang dibolehkan dan tidak dibolehkan oleh rule Kid Control ini.

Baca Juga : Begini Cara Reset CSS Mikrotik 326

Konfigurasi Kid Control dapat Kamu temukan pada Menu IP >> Kid Control, Dalam Dialog Kid Control terdapat dua tab yaitu kid dan Device.

Fungsi Menu Fitur Kid Control Mikrotik

Menu Kid dapat kamu gunakan untuk menentukan Schedule parameter waktu yang menjadi patokan pada boleh dan tidaknya akses pada device anak.

Menu Device adalah menu yang dapat kamu gunakan untuk mengatur device-device yang akan diatur dengan schedule yang telah dibuat pada tab Kid.

Pause pada Menu Device berfungsi untuk membatalkan semua Rule yang telah dibuat, jika seluruh device dalam posisi pause, maka limit akses pada perangkat client tidak akan berfungsi

Resume Pada Menu Device berfungsi untuk mengembalikan semua rule yang telah dibuat, sehingga seluruh rule kembali berfungsi seperti biasanya.

Saat Rule aktif, Pada Menu IP > Firewall  akan otomatis terbuat rule baru yang membatasi akses sesuai dengan seberapa banyak device  yang kamu batasi untuk mengakses.

Kid Control Untuk Pengguna Bisnis

Bagi Pengguna Bisnis, Fitur Kid Control mikrotik dapat digunakan untuk membatasi akses client Pada Jam tertentu, Sehingga Penggunaan Bandwith di waktu tertentu dapat dialihkan ke Network Segment lain yang lebih aktif di jam yang sama.

Baca Juga : SDWAN Teknologi Pengganti  MPLS berbasis SDN

Dengan Fitur ini juga administrator Network bisa melimit device tertentu yang tidak mengikuti pedoman penggunaan internet di Perusahaan karena kemampuannya yang bisa limit dengan parameter MAC Address sehingga akan tetap terlimit walaupun menggunakan IP Dinamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *