Kedudukan Perempuan di dalam Islam

Kedudukan Perempuan di dalam Islam – islam sangat memuliakan perempuan dan membebaskannya dari perbudakan kaum laki-laki. islam juga membebaskan perempuan dalam budaya yang memposisikan mereka tak ubahnya seperti barang jual beli yang murah dan tidak ada harganya sama sekali.

Beberapa contoh hukum yang menunjukkan penghormatan islam terhadap perempuan seperti:

  • Dalam hal Warisan, islam memberikan hak perempuan berupa bagiaj yabg adil dan mulia. dalam beberapa hal, ada pembagian yang sma antara laki-laki dan perempuan. walaupun beberapa kondisi lainnya ada perbedaan bagian antara laki-laki dan perempuan. semua itu disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan keduanya. 
  • Dqlam banyak hal dqn urusan, Islam menyamakan hak serta kewajiban perempuan dan laki-laki . seperti dalam transaksi keuangan, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Perempuan adalah saudara kandung Laki-Laki.” (HR. Abu Dawud:236)
  • Islam memberikan kebebasan kepada perempuan untuk memilih jodoh dan calon suaminya. bahkan memberi perempuan tanggung jawab besar dalam mendidik anak-anaknya. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Dan Perempuan adalah pemimpin dirumah suaminyadan dia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dia pimpin”  (HR. Al-Bukhari:853)
  • Islam tidak mengubah nama dan silsilah keturunan perempuan, dari pihak bapaknya setelah pernikahan. seorang perempuan muslim tetap menyandang nama yang dinisbatkan kepada bapaknya dan keluarganya. 
  • Islam mewajibkan seorang laki-laki untuk menjaga dqn melindungi perempuan dan memberikan nafkah kepada mereka yang berdada dibawah tanggungannya seperti istri, ibu, dan anak perempuan-nya.
  • Islam Menegaskan bahwa membantu seorang perempuan yang lemah dan tidak punya sanak saudara adalah perbuatan mulia dan utama, walaupun wanita itu bukan saudaranya. Membantu perempuan lemah termasuk perbuatan yang sangat utama di sisi Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Yang membantu seorang janda dan orang miskin bagaikan berjihad di jalan Allah dan bqgqikan orang yang shalat berdiri dan tidak berhenti serta bagaikan orang yang berpuasa tanpa berbuka”  (HR Muslim:2982) 

Allah Memuliakan kaum perempuan dan mewajibkan laki-laki untuk memberi nafkah kepada istri/ibu/anak perempuan tanpa menyebut-nyebutnya .

Satu tanggapan untuk “Kedudukan Perempuan di dalam Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *