Alasan Prewedding Haram Menurut Islam

Alasan Prewedding Haram Menurut Islam – Prewedding adalah salah satu aktifitas yang sering dilakukan oleh pemuda/pemudi sebelum melaksanakan pernikahan.

Prewedding sudah menjadi kebiasaan di tengah-tengah ummat dan menganggap hal ini adalah aktifitas biasa yang boleh dilakukan.

Berikut beberapa alasan prewedding haram menurut islam yang sudah dianggap tabu oleh masyarakat.

A. Bersentuhan dan Bermesraan

Hal yang paling terlihat keharaman-nya adalah aktifitas bersentuhan antara Pria dan Wanita yang belum Halal.

Baca Juga : Menikah dibulan Syawal Sunnah Rasul 

dalam hal ini Rasulallah Muhammad SAW telah memberikan peringatan keras akan hal ini yang berbunyi

Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sunguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211, Shahih Al-Albani)

B. Wanita ber-Tabarruj

Selain Bersentuhan, Alasan Prewedding haram adalah wanita akan berdandan secantik mungkin agar terlihat lebih cantik dan menawan di depan kamera.

padahal hal tersebut termasuk Tabarruj yang diharamkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala didalam Al-Qur’an yang artinya sebagai berikut :

Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahilliyah yang dahulu (QS. Al-Ahzab:33 )

Ringkasnya, alasan prewedding haram karena dengan 2 pertimbangan, yang pertama yaitu bagi pasangan mempelai dan fotografer yang melakukannya.

Untuk mempelai diharamkan karena dalam pembuatan foto dilakukan dengan dibarengi adanya ikhtilat (percampuran laki-laki dan perempuan), kholwat (berduaan) dan kasyful aurat (membuka aurat).

Sementara pekerjaan fotografer pre wedding juga diharamkan karena dianggap menunjukkan sikap rela dengan kemaksiatan. (Rumasyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *