Produk Riba Haram Bank Yang Perlu Diketahui

Produk Riba Haram Bank Yang Perlu Diketahui  – Riba adalah transaksi yang diharamkan oleh Allah SWT, dalam beberapa ayat Al-Qur’an Allah telah menjelaskan ancaman bagi para pelaku riba.

Transaksi Riba adalah transaksi Uang dengan Uang atau barang dengan barang yang sama namun dengan keuntungan yang diperoleh oleh salah satu pihak.

Dalam Al-Qur’an Allah berfirman yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130) (Muslim.or.id)

Salah satu Penyumbang produk riba adalah Bank, Bank banyak menawarkan produk-produk riba dengan pemilihan kata yang lebh halus untuk menutupi maksud sebenarnya.

Pinjaman Bank berbunga

Produk Riba Haram bank yang pertama adalah pinjaman Bank, Pinjaman uang dengan “bunga” rendah dan banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan pihak bank ketika menjadi kreditur.

Dalam Islam tidak mengatur besar kecilnya Transaksi riba, sekecil apapun riba yang di transaksikan, tetap juga transaksi tersebut adalah transaksi riba.

Dalam Pinjaman Bank, ketika kreditur telat melakukan pembayaran, maka kreditur akan didenda dengan nilai persentase berdasarkan besaran pinjaman. ini adalah salah satu keharaman transaksi pinjaman bank.

2. Kartu Kredit

Kartu Kredit adalah salah satu Produk riba haram bank yang sarat akan Transaksi ribawi, Kemudahan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit menjadikan banyak umat yang tergiur menggunakan kartu kredit.

secara transaksional, menggunakan Kartu Kredit sama saja dengan berhutan dengan bank, yang dibatasi dengan limit transaksi yang boleh di transaksikan menggunakan Kartu Kredit ini.

Baca Juga : Hukum Menggunakan Kartu Kredit Haram atau tidak?

Sama halnya dengan Pinjaman, Transaksi di Kartu Kredit akan dikenakan Bunga walaupun kecil nilai riba yang di transaksikan.KPR Bank

3. Deposito

produk riba haram bankDeposito adalah simpanan berjangka yang biasanya di tawarkan oleh Bank, dengan tawaran bunga yang lebih tinggi, Debitur diarahkan untuk menyimpan sejumlah uang ke rekenin deposito dengan keuntungan bunga yang dapat di terima oleh nasabah Bank.

Transaksi ini adalah transaksi uang dengan uang dengan keuntungan dalam bentuk bunga yang jelas itu adalah transaksi yang diharamkan oleh Allah SWT.

Selain 3 produk Diatas, Riba juga dapat ditemui  dalam transaksi Jual Beli, Asuransi, leasing  dan permodalan publik seperti trading.

Dalam Hal Riba, Allah SWT melaknat Seluruh Pelaku Riba baik penerima dan pemberi beserta saksi dan yang menulis transaksi riba.

Wallahuallam Bissawaf

3 tanggapan untuk “Produk Riba Haram Bank Yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *