Bagaimana Sunnah Menikah Bulan Syawal

Sunnah Menikah Bulan Syawal

Sunnah Menikah bulan Syawal – Bulan Syawal memang banyak memiliki kelebihan setelah bulan ramadhan. terdapat banyak amalan sunnah yang dianjurkan di bulan ini.

selain berpuasa 6 hari yang bernilai 1 tahun berpuasa, bulan syawal juga merupakan waktu yang tepat sesuai sunnah menikah bulan syawal

dalam Hadist riwayat muslim diriwayatkan:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR Muslim)

Nabi Menikahi Aisyah ra. di Bulan Syawal

Sungguh mulianya Rasulullah SAW yang telah memberikan petunjuk kepada umatnya melalui pengajaran terbaik, termasuk dalam hal menikah ini.

Untuk menghilangkan anggapan Arab jahiliyah tersebut, Rasul menikahi Aisyah putri Abu Bakar di bulan Syawal sebagaimana yang telah disebutkan pada hadits Aisyah sebelumnya.

Meskipun keduanya memiliki jarak umur yang cukup jauh, namun rumah tangga yang dibangun antara Rasulullah dan Aisyah berjalan dengan baik tanpa berujung kepada perceraian seperti yang ditakutkan masyarakat kala itu.

Salah satu bukti berjalannya rumah tangga yang harmonis antara Aisyah dan Rasulullah yaitu bahwa Aisyah merupakan wanita yang paling dicintainya.

Baca Juga : Kedudukan Wanita dalam di dalam Islam

Asal Usul Sunnah Menikah Bulan Syawal

Dahulu kala, orang-orang Arab jahiliyah menganggap bahwa bulan Syawal merupakan bulan yang sial untuk menikah. Anggapan ini disebabkan unta betina yang mengangkat ekornya (syaalat bidzanabiha) di bulan Syawal.

Unta betina yang mengangkat ekornya menandakan bahwa unta tersebut tidak mau untuk menikah dan juga sebagai tanda menolak unta jantan yang mendekat.

loading…

Oleh sebab itu, para wanita tidak mau dinikahi bahkan para wali wanita pun enggan untuk menikahkan putri mereka.

Baca Juga : 5 Tujuan Utama Ibadah Haji di Mekkah

Mudah-mudahan tulisan ini dapat membuka mata kita semua untuk mengenal lebih banyak dan lebih jauh sunnah-sunnah Rasul yang indah.

Tertarik Untuk mengikuti Sunnah Menikah Bulan Syawal, Rencanakan sedini mungkin agar setiap yang kita lakukan bernilai pahala.

Satu tanggapan untuk “Bagaimana Sunnah Menikah Bulan Syawal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *